Menjadi Hamba Pilihan-NYA

MENJADI HAMBA PILIHAN-NYA

Apabila dijanjikan oleh Allah SWT. suatu janji dan janji itu terpenuhi, imanmu yang lemah akan menjadi kuat, dan Allah akan meningkatkan janji yang lebih baik. Apabila keyakinan dan kepastian ini semakin mantap dan kuat, engkau akan menjadi manusia yang mulia. Sebagaimana firman-Nya:









Artinya:
"Sesungguhnya engkau pada hari ini mempunyai kedudukan dan kepercayaan di sisi Kami."
(Q.S. Yusuf [12]: 54)

Dengan demikian, engkau telah menjadi salah seorang hamba pilihan, bahkan terpilih dari yang terpilih. Pada tingkatan ini, sirnalah tujuan maupun kehendak yang didorong atas kemauan pribadimu. Engkau bagaikan bejana yang kosong dari suatu cairan pun. Dengan begitu, tak ada nafsu manusiawi dan hewani yang ada dalam dirimu. Yang ada hanyalah roh suci. Rohanimu menjadi bersih dan terbebas dari segala sesuatu, kecuali Allah Yang Mahaagung dan Mahakuasa. Engkau menjadi rida kepada-Nya, kepadamu dijanjikan keridaan-Nya, sehingga engkau dapat menikmati dan mendapat rahmat atas semua tindakan-Nya.

Apabila yakin dan puas dengan janji Allah itu, engkau akan dipindahkan-Nya ke janji yang lain. Allah akan menjadikanmu lebih terhormat daripada sebelumnya. Kemudian engkau mendapat anugerah rasa puas dengan janji-Nya itu. Lalu dibukakan pintu-pintu hikmah, disingkapkan misteri Ilahi, hakikat kebenaran, makna perubahan janji-Nya. Dalam maqam-mu yang baru itu, engkau akan mengalami peningkatan kemampuan dalam memelihara keadaan rohanimu.

Pada tahap berikutnya, engkau akan mendapatkan anugerah berupa derajat rohani, yakni dipercayakan kepadamu beberapa rahasia. Engkau mengalami keluasan dada, hati yang cerah, lidah yang fasih, ilmu yang derajatnya tinggi, dan kecintaan. Dengan begitu, engkau akan disayangi seluruh makhluk, baik manusia, binatang maupun jin.

Jika engkau menjadi hamba pilihan Allah, sudah pasti semua orang tunduk kepadamu karena mereka tunduk kepada Allah. Mereka cinta kepadamu karena cintanya kepada Allah, dan kebenciannya terhadapmu karena kebenciannya kepada Allah SWT. Engkau diantarkan ke tempat yang tinggi oleh Allah. Di sana, engkau tak akan menemukan sosok dirimu sebagai tempat nafsu-nafsu.

Allah SWT. akan membuat dirimu dengan penuh hasrat terhadap sesuatu, namun nafsumu dimusnahkan dan dilenyapkan. Engkau akan dipalingkan Allah dari keinginan-keinginan yang berdasarkan nafsu manusiawimu. Dan, engkau tidak akan diberi Al­lah tentang apa-apa di dunia, tetapi kelak di akhirat engkau mendapatkannya.

Kembali Ke Halaman Sebelumnya    Selanjutnya MENINGGALKANSESUATU SUBHAT ....