JANGAN MEMINTA KEPADA MANUSIA


JANGAN MEMINTA KEPADA MANUSIA Aku melihat dalam mimpi, seolah-olah aku berada di suatu tempat seperti masjid. Di dalamnya terdapat beberapa orang yang memisahkan diri dengan orang-orang lainnya. Lalu mereka orang yang mengasingkan diri dengan lainnya berkata kepadaku, "Andaikata si Fulan hadir di sini, tentu ia dapat membuat orang-orang itu disiplin dan akan memberi mereka petunjuk dengan benar, dan seterusnya...."
Kemudian di antara kerumunan orang banyak, terbayang olehku seorang saleh. Salah seorang dari mereka bertanya, "Mengapa engkau diam saja?" "Jika kalian berkenan, aku mau bicara," kataku.

Kemudian aku melanjutkan pembicaraan, "Apabila engkau menjauh dari orang-orang untuk mendapatkan kebenaran, janganlah sekali-kali kau meminta suatu apa pun dengan lidah kepada manusia.

Apabila engkau tidak meminta dengan cara demikian, jangan meminta suatu apa pun kepada manusia walaupun dalam hati saja. Sebab, meminta di dalam hati sama saja meminta dengan lidah. Hendaknya engkau ketahui bahwa setiap detik Allah SWT. berkuasa mengubah, mengganti, meninggikan, dan merendahkan orang-orang.

Allah SWT. menaikkan derajat beberapa orang. Lalu terhadap orang yang sebelumnya mendapat derajat tinggi, Dia berkuasa menjatuhkan derajat mereka ke tempat yang paling rendah. Adapun bagi mereka yang telah dijatuhkan ke derajat rendah, diberi-Nya suatu harapan bahwa suatu ketika Dia akan menaikkan derajatnya kembali ke maqam yang lebih tinggi," demikian kataku. Lalu aku terbangun dari tidurku.

Sebelumnya                                                  Selanjutnya MENGGANTUNGKAN DIRI KEPADA ALLAH SWT.