Kisah Do'a Ibnu Jahsy ra. dan Sa'ad ra.

Kisah Do'a Ibnu Jahsy ra. dan Sa'ad ra.



Dalam perang Uhud, Abdullah bin Jahsy ra. berkata kepada Sa'ad bin Abin Waqash ra., "Hai Sa'ad, mari kita berdo'a bersama." Maksudnya, setiap orang mendo'akan keinginannya, lalu diamini oleh temannya. Do'a seperti ini lebih cepat dikabulkan. Kedua sahabat tadi pergi ke suatu sudut dan berdo'a. Yang berdo'a pertama kali adalah Sa'ad ra.. "Ya Allah, jika esok kami bertempur, maka hadapkanlah kepadaku musuh yang berani. Yang menyerang saya dengan hebat, lalu saya melawannya dengan hebat pula. Lalu karuniakanlah kepadaku kemenangan, dan membunuh mereka di jalan-Mu, dan karuniakanlah kepada kami harta rampasan." Abdullah ra. pun mengamini do'a sahabatnya. Kemudian, giliran Abdullah bin Jahsy ra. Berdo'a, "Ya Allah, jika esok kami bertempur, maka hadapkanlah kepadaku musuh yang kuat, dan beranikanlah saya untuk melawannya. Lalu ya Allah, syahidkanlah saya dalam keadaan terpotong hidung dan telinga saya, sehingga pada hari Kiamat nanti, ketika di hadapan Rasulullah SAW., Engkau akan bertanya, "Hai Abdullah, mengapa hidung dan telingamu terpotong?" maka saya akan menjawab, "Ya Allah, hidung dan telinga saya telah terpotong untuk berjuang di jalan-Mu dan di jalan Rasul-Mu." Dan, Engkau akan berkata, "Benar..., Semuanya telah terpotong di jalan-Ku." Sa'ad pun berkata, "Amin.". Esoknya, terjadilah pertempuran sengit. Dan do'a keduanya telah dikabulkan Allah SWT., persis seperti yang mereka do'akan.
Sa'ad ra. bercerita, "Do'a Abdullah bin Jahsy lebih baik daripada do'a saya. Saya melihat telinga dan hidungnya telah terpotong-potong dan pedangnya pun telah patah dalam perang Uhud itu. Kemudian Nabi SAW. memberinya sebatang ranting pohon. Setelah diterima, ranting itu langsung menjadi pedang. Pedang itu langsung di gunakan berperang. Pedang itu masih ada selama beberapa masa, kemudian dijual seharga 200 dinar." (Al-Ishabah).

Faedah :
Kisah di atas menunjukkan keberanian para sahabat ra. yang sempurna. Keberanian mereka terlihat dari keinginan mereka untuk bertemu dengan musuh yang hebat. Dan mereka pun telah menunjukkan kecintaan yang sempurna di jalan Allah, sehingga mereka ingin agar tubuhnya terpotong-potong fi sabilillah. Mereka berharap, jika mereka ditanya pada hari Kiamat, "Mengapa kamu melakukan semua ini?" maka akan dijawab, "Semua ini semata-mata untuk-Mu, ya Allah."
Pertahankan perjuangan ini dengan semangat juang
Sehingga merasakan syahid dengan kelezatan tubuh
yang terpotong-potong.