MALAIKAT YANG MULIA


Perlu di ketahui, bahwasannya Allah SWT dalam menciptakan MaIaikat terdapat empat Malaikat yang mulia, yaitu: Israfil, Mikail, Jibril dan Izrail. Kepada keempat Malaikat yang mulia itulah kemudian Allah menyerahkan segala urusan para makhluk yang berada di alam semesta ini. Kemudian kepada Malaikat Jibril Allah memberi tugas sebagai penyampai wahyu dan risalah, pada Malaikat Mikail Allah memberi tugas sebagai pengatur hujan dan pembagi rizki, pada Malaikat Izrail Allah memberi tugas sebagai pencabut nyawa dan pada Malaikat israfil Allah memberinya tugas sebagai peniup sangkakala.

         Dalam suatu riwayat Ibnu Abbas ra. berkata: Bahwasannya Malaikat Israfil memohon kepada Allah SWT agar diberinya kekuatan untuk membawa langit tujuh, kemudian Allah mengabulkannya dan memberinya kekuatan lagi untuk menguasai angin, Allah juga memberinya kekuatan untuk mencabut gunung, kemudian Allah memberinya kekuatan memegang binatang buas dan Allah memberinya rambut yang lebat yaitu mulai dari bawah kedua telapak kakinya hingga kepalanya, sedangkan beberapa mulut dan lisannya ditutup dengan beberapa hijab, yang sama membaca tasbih kepada Allah di setiap lisannya dehgan seribu bahasa. Kemudian dari Israfil itulah Allah menciptakan sejuta malaikat yang sama membaca tasbih kepada Allah SWT sampai hari kiamat.
Di antara Malaikat yang diciptakan dari jasad Malaikat Israfil yaitu : Hamalatul Arsy (Malaikat penjaga Arsy) dan Kiramul Katibin (Malaikat pencatat amal perbuatan). Wujud mereka sama dengan Malaikat Israfil as. Malaikat Israfil setiap hari dan setiap malam melihat neraka tiga kali, maka merendah dirilah ia, dan menangis hingga badannya lemas, karena lemasnya diumpamakan seperti tali tambur. Dan tangisannya yang menyayat, andaikan Allah SWT tidak membendung aliran air mata Malaikat Israfil, sungguh, bumi ini akan penuh dengan air matanya, maka jadilah air mata itu bagaikan banjir taufan yang pernah dialami oleh Nabi Nuh beserta umatnya. Karena besarnya Malaikat Israfil andaikan ditumpahkan seluruh air laut dan air telaga di atas kepalanya, maka air itu jatuh bagaikan setetes air dari bumi.

A. Malaikat Mikail.
Adapun Malaikat Mikail diciptakan oleh Allah SWT. sesudah diciptakannya Malaikat Israfil dalam jarak waktu 500 tahun. Yang mulai dari kepala sampai kedua telapak kakinya ditumbuhi rambut yang terbuat dari za'far, sedang sayapnya terbuat dari zabarjad hijau. Pada setiap rambutnya mempunyai sejuta wajah, dan pada setiap wajahnya mempunyai sejuta mata, dan setiap mata menangis karena belas kasihnya terhadap orang yang berbuat dosa dari golongan mu'min, dan dalam setiap wajahnya mempunyai sejuta mulut, pada setiap mulut terdapat sejuta lidah dan setiap lidah berkata dengan sejuta bahasa, kemudian pada setiap lidah memohonkan ampunan kepada Allah SWT terhadap orang-orang mu'min yang berbuat dosa, dan pada setiap matanya meneteskan air mala 70.000 tetesan. Kemudian dari setetes air mata tersebut Allah menciptakan satu Malaikat yang wujudnya seperti Malaikat Mikail as. yang mereka sama membaca tasbih kepada Allah SWT sampai hari kiamat.

Dan nama-nama dari Malaikat itu adalah "Karobiyyun" yang mereka ditugaskan untuk membantu Malaikat Mikail as. Yang diserahi untuk mengatur turunnya hujan, tumbuh-tumbuhan, membagi rizki dan buah-buahan. Maka tidaklah ada sesuatupun yang ada di dalam laut, buah-buahan yang menempel pada pohon serta tumbuh-tumbuhan yang berada di atas permukaan bumi tidaklah terlepas dari pengawasan dari seorang Malaikat yang diserahi tugasnya tersebut.

B. Malaikat Jibril

Adapun Malaikal Jibri1 ini diciptakan oleh Allah sesudah menciptakan Malaikat Mikail as. dalam jarak waktu 500 tahun, pada Malaikat Jibril memiliki keistimewaan yaitu mempunyai 600 sayap, mulai dari kepala sampai kedua telapak kakinya terdapat rambut-rambut yang terbuat dari za'faran. Sedangkan matahari berada di kedua matanya, pada setiap rambutnya bersinar bagaikan rembulan dan bintang, setiap hari Malaikat Jibril as. masuk ke dalam lautan cahaya 370 kali, maka ketika ia keluar dari lautan cahaya maka meneteslah dari setiap sayap sejuta tetesan, kemudian Allah menciptakan dari satu tetesan tersebut satu Malaikat yang wujudnya seperti Malaikat Jibril as. yang mereka sama membaca tasbih kepada Allah SWT sampai hari kiamat. Nama Malaikat itu adalah "Kuhaniyyun".

C. Malaikat Maut (Izrail)

Adapun wujud Malaikat Maul (Izrail) itu wujudnya sama dengan Malaikat Israfil as. baik wajahnya, lisannya, sayapnyadan besar kekuatannya tidak dikurangi dan tidak ditambahi.

Selanjutnya tentang Malaikat Izrail

0 komentar:

Post a Comment

Jika Anda Punya Kelebihan Rezeki


Rek. 8810291771 Rek. 015308741 Rek. 006-00-0720971-5

 
© 2013 SYIAR ISLAM | Powered by Blogger | Built on the Syiar Islam Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Fauzi Chaniago